Skip to main content

Percaya Diri Melahirkan Motivasi Dan Semangat

Tentang Percaya Diri

Setiap pribadi individu mempunyai harapan untuk dapat berinteraksi baik dengan masyarakat atau orang-orang disekitarnya. Entah dalam lingkungan pendidikan, pekerjaan atau dalam pergaulan sosial kemasyarakatan lainnya. Interaksi sosial ini penting untuk pribadi masing-masing dalam membangun hubungan dengan lingkungan. Sikap dalam interaksi sosial ini harus ditunjang dengan kepribadian, dan salah satu kepribadian yang utama adalah percaya diri. Yah, Percaya Diri.

Bersama sahabat-sahabat Tahun 2011, tunjukkan kepercayaan dirimu dengan dukungan potensimu
(Image : web.facebook.com/yyaneschlasut.alfian/photos)

Mendefinisikan Apa Itu Percaya Diri

Percaya diri sangat penting dalam interaksi dan komunikasi agar bisa diperhatikan. Kepribadian dengan kepercayaan diri yang kuat menjadi modal pendukung dalam menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Lalu, apa sebenarnya arti atau pengertian percaya diri itu? Setiap orang bisa memberikan definisinya masing-masing, dan saya akan mencoba mengulas sedikit tentang percaya diri ini menurut pandangan saya.

Percaya diri bisa dikatakan sebagai kemampuan untuk dapat menghadapi lingkungan. Karena kepercayaan diri itu bisa merupakan keyakinan atas kemampuan untuk berinteraksi dengan masyarkat. Kepribadian ini merupakan sikap yang positif dalam mengembangkan nilai-nilai yang baik kepada lingkungan atau masyarakat disekitar. Hal terjadi atas dasar dukungan moral dan mental yang tidak merasa cemas atau terbebani dengan tindakan yang dilakukan dimana terdorong oleh karena potensi diri serta prestasi yang dimiliki, dan pembawaan diri yang sopan serta mampu mengenal kekurangan dan kelebihan dalam diri.

Dari uraian diatas maka menurut saya, percaya diri itu adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi lingkungannya yang dibekali dengan pandangan akan diri sendiri secara menyeluruh berdasarkan konsep pribadinya sendiri. Dimana moral, mental, disiplin dan psikis sesorang memberikan keyakinan yang kuat untuk melakukan tindakan.

Motivasi dan Semangat dalam Kepercayaan Diri

Hal paling utama membangun kepercayaan diri adalah dengan menghargai diri sendiri, untuk mengembangkan kepercayaan dan keyakinan atas diri sendiri. Pribadi seseorang yang mampu mengenal sisi baik dan buruk diri sendiri pada akhirnya mampu menhargai dirinya dengan positif. Mengapa? Karena ketidakmampuan akan hal-hal seperti yang dijelaskan itu dapat berakibat pada kurangnya percaya diri. Berbanding terbalik dengan yang punya percaya diri baik, biasanya mereka punya pikiran positif ditunjang dengan pengetahuan yang memadai dan sikap yang bijaksana.

Mendaki Gunung Klabat, Sulawesi Utara bersama KPA Viking AMI Bitung Tahun 2007
(Image : web.facebook.com/yyaneschlasut.alfian/photos)

Penyebab Kurangnya Percaya Diri

Kepercayaan diri harus dibentuk dengan menciptakan gambaran diri yang baik. Mempunyai perasaan negatif, keyakinan lemah atas kemampuan diri, belum ditunjang lagi dengan pengetahuan yang kurang luas memunculkan kepercayaan diri yang rendah yang pada akhirnya kehilangan atas rasa percaya diri.

Ada beberapa hal penyebab kurangnya percaya diri, seperti contoh dibawah ini :

  1. Tidak punya tujuan hidup yang dapat diperjuangkan dengan sungguh-sungguh
  2. Mudah menyerah dengan keadaan
  3. Kurang optimal dalam pekerjaan menyebabkan kegagalan dalam menyelesaikan tugas
  4. Canggung berhadapan dengan orang lain
  5. Kemampuan komunikasi yang buruk
  6. Sikap berpikir yang perfeksionis tapi dengan harapan yang kurang realistis
  7. Sensitif, yah terlalu perasa akan menurunkan kepercayaan diri.

Orang-orang dengan kepercayaan diri bagus sebenarnya bukan soal kemampuannya tapi karena tahu akan potensi diri ditunjang pengalaman dan perhitungan-perhitungan sebelum melakukan tindakan. Terbentuknya percaya diri dikarenakan keperibadian baik yang melahirkan kelebihan-kelebihan positif. Pemahaman atas kelebihan yang dimiliki memberikan keyakinan untuk bertindak atas dasar kelebihan yang dimiliki. Sebaliknya kemampuan memahami kekurangan diri agar direaksikan secara positif untuk dapat menyesuaikan diri untuk tidak rendah diri.

Membangun Kepercayaan Diri

Kepribadian dengan kepercayaan diri yang baik merupakan idaman tiap orang. Kepercayaan diri dalam pribadi yang kuat akan mengesankan suatu kharisma tersendiri. Kharisma lahir dari dalam diri tiap orang, karena tiap pribadi orang punya potensi kharismanya masing-masing, tergantung cara interaksi dilingkungannya. Kharisma yang baik muncul dengan kepribadiannya, maka perlu membangun kepercayaan diri.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk membangun rasa percaya diri sangat penting dalam kehidupan interaksi sosial. Hal-hal dibawah ini mungkin perlu diterapkan membangun kepercayaan diri.

  1. Mencintai akan diri sendiri. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan sendiri, maka menghargai diri sendiri adalah hal terbaik sebagai wujud mencintai diri sendiri.
  2. Hadapi kenyataan atas diri sendiri. Hadapi kenyataan dunia ini secara objektif, dengan selalu memperhitungkan tiap resiko dari sega tindakan. Mengembangkan diri ada tantangannya, tapi berdiam diri jelas lebih buruk.
  3. Menunjukkan kebanggan diri. Maksudnya adalah tunjukkan kelebihan dengan dukungan keyakinan diri. Jika yakin dengan dengan potensi maka tunjukkan sebagai suatu kelebihan diri.
  4. Mandiri dan jadi diri sendiri. Tiap orang dilahirkan dengan karakter yang unik dan berbeda-beda. Dan itu adalah pemberian Yang Maha Kuasa untuk digali potensinya yang positif.
  5. Menjauhkan prasangka negatif. Untuk menghindari pemikiran negatif, perbanyaklah senyum dan berdoa untuk selalu bersikap dan berpikir baik.
  6. Hargai pendapat orang lain sebagai bentuk saling menghormati.
  7. Memperluas wawasan. Ini merupakan modal penting, karena pengetauan yang cukup membuat kepercayaan diri untuk berkomunikasi dengan baik.
  8. Apa adanya dalam ucapan dan tindakan atas dasar berterus terang. Hal ini terkait memberikan opini, pendapat atau masukan yang harus didasari atas pikiran yang lahir dari hati nurani sendiri.
  9. Berhenti mengeluh.  Buat hidup ini indah, tinggal bagaimana kita menghargai kehidupan dengan cara berpikir dan bertindak.

Memiliki kepercayaan diri berarti memiliki ciri sikap yang toleransi, saling menhargai pendapat, sikap optimis dan dukungan prestasi baik dari pengalaman atau pengetahuan yang kuat. Kepercayaan diri muncul disaat kita bertingkah laku sesuai harapan dengan keyakinan pada diri sendiri dengan tidak terpengaruh pihak lain.  Adalah hal penting bagi tiap individu/ pibadi orang untuk saling menghargai serta berpikir positif atas diri sendiri dan orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

WARUGA : Artefak Peninggalan Suku Minahasa

Waruga di Desa Sawangan, Minahasa Utara (foto : facebook.com) WARUGA : Bukti Peradaban Bangsa Minahasa Pada Masa Lalu Waruga merupakan kubur batu yang menjadi artefak budaya peninggalan Suku Minahasa pada masa lalu di Sulawesi Utara. Bentuknya menyerupai kubus serta beratapkan menyerupai rumah dengan berukirkan / relief motif artistik. Bagi masyarakat adat Minahasa, waruga memiliki nilai historis yang mengandung makna tentang asal usul serta perjuangan leluhur bangsa Minahasa. Hal mana waruga mengingatkan identitas, jatidiri dan sejarah kehidupan orang Minahasa dahulu kala. Waruga di Kayawu, Tomohon Kini, kubur batu waruga telah dialihfungsikan yaitu sebagai warisan budaya yang pemanfaatannya untuk objek wisata dan situs cagar alam budaya Minahasa. Definisi Waruga Dari Berbagai Sumber Dalam beberapa versi sumber, waruga memiliki beberapa definisi diantaranya: secara etimologis waruga berasal dari kata  'wawa'  yang artinya menyeluruh atau sepenuhnya. 'Ruga' ya

KOTA TOMOHON : Letak Geografis, Luas & Batas Wilayah Administrasi

Kota Tomohon Kota merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang berdiri secara otonom sebagai sebuah daerah administratif. Dipimpin seorang walikota sebagai kepala daerah dan wakilnya, kota ini menjadi salah satu daerah yang cukup maju di antara beberapa daerah lainnya di Sulawesi Utara. Kota Tomohon sendiri merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Minahasa yang didasarkan atas Undang-undang No. 10 / 2023 tentang Pembentukan Kab. Minahasa Selatan dan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Letak Geografis Kota Tomohon Secara geografis, Kota Tomohon berada pada 1°24’18,479” LU s/d 124°43’52,457” BT, dan 1°14’33,154” LU s/d 124°54’34,191” BT. Luas Wilayah Kota Tomohon Adapun Kota Tomohon sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 169,10 km/persegi. Dan hanya sekitar 1.17 % dari luas keseluruhan Provinsi Sulawesi Utara yaitu sekitar 14.500,58 km/persegi (BPS Sulut. 2022). Kota Tomohon sendiri terdiri dari 5 (Lima) wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Utara dengan lua

Ancaman Konflik Di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

Klaim seepihak jadi akar konflik  (instagram.com/isds.indonesia) Laut China Selatan telah lama menjadi sumber konflik yang kompleks dan menimbulkan ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, serta negara-negara tetangga di kawasan tersebut. Konflik ini berakar dari persaingan klaim atas wilayah maritim di Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya alam, seperti minyak, gas, dan ikan. Negara-negara seperti China, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam saling bersaing untuk menguasai wilayah tersebut, sehingga menimbulkan ketegangan dan potensi terjadinya konflik di kawasan tersebut. Namun, fokus utama dari artikel ilmiah ini adalah tentang ancaman konflik di Laut China Selatan terhadap kedaulatan Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kedaulatan atas sebagian wilayah Laut China Selatan, yaitu Kepulauan Natuna. Namun, klaim China yang meluas hingga ke wilayah Natuna mengancam kedaulatan maritim Indonesia dan menimbulkan ketidakstabilan di kaw