Skip to main content

Senja, kala di Kota Amurang

Gelora Senja di Kota Amurang

Dikala senja di Kota Amurang, nampak aktivitas mulai menampakkan kesunyian. Dan sebagai pertanda dimulainya kehangatan aktivitas malam hari yang menghiasi gemuruh kehidupan di kota ini.

Gaung senja akan awan jingga yang menampakkan keindahan, membawa imajinasi kita seolah terbawa deburan ombak dibawahnya yang bergelora dengan riuhnya.

@kasekasejoo

Senja, kalla di Kota Amurang

♬ suara asli - eddy_kupang - 𝗲𝗱𝗱𝘆_𝘀𝘁𝗼𝗿𝘆

Gemuruh deburan ombak seolah bernyanyi riang dengan begitu terdengarnya dari arah pantai. Bersahut - sahutan terus menerus tanpa hentinya turut melengkapi kehidupan masyarakat Kota Amurang.

Berjalan dengan menyusuri jalanan sejauh garis pantai Boulevard Amurang, dengan melewati jejak langkah yang kian hilang terhapus bagaikan ditelan gemuruh ombak.

Pekikan ombak yang menghentak, terus bergemuruh menemani sepinya malam yang menjelang. Luar biasa memang, tapi inilah saat - saat dimana waktu terus terkikis dengan akan bergantinya hari.

Deburan ombak yang terdengar merdunya, membuatku terduduk memandangi bagaimana gulungan ombak yang seolah berbisik mengatakan sesuatu.

Sesaat ku pejamkan mata ini, hanya untuk memastikan kemerduan lagu yang dibawakan alam di depanku. Yahhh, lagu merdu dimana hanya ada aku dan angin yang mengetahuinya.

Suasana senja yang merangkak menjelang malam, begitu menarik rasa penasaran untuk memandangi permukaan laut yang tenang dan menghanyutkan meski ombak terus berhamburan sejauh mata memandang.

Senja di Pantai Alar Amurang

Senja, yah senja.. unik, datangnya hanya sementara tapi hilannya terasa begitu lama. Sulit menebak kedatangannya, dan sulit pula mencegah saat akan berlalu. Itulah senja, unik dengan berjuta makna.

Senja, kala di Kota Amurang seolah menuturkan sapa kepada para pemilik hati yang sedang resah. Terkadang juga seolah datang hanya untuk menuturkan sapa meski tanpa berucap apa-apa.

Disini, di batas kota ini, yang membagi antara kehidupan masyarakat dengan kehidupan pantai, laut dan suasana teluk Amurang yang mempesona. Hamparannya membuat siapapun pasti tergoda.

Senja menawan di teluk amurang
(foto : facebook:arianto.balansawang)

Bias warna senja dengan jingganya yang menawan, melahirkan susananya yang teduh. Waktupun seolah dirayu agar warnanya tak segera hilang ditelan malam.

Kota Amurang selalu punya ceritanya sendiri. Dan suasana senja menjadi saksi semuanya itu. Meski dengan taburan cerita yang hanya sementara, tapi tetap tertulis dengan abadinya selamanya.

Comments

Popular posts from this blog

WARUGA : Artefak Peninggalan Suku Minahasa

Waruga di Desa Sawangan, Minahasa Utara (foto : facebook.com) WARUGA : Bukti Peradaban Bangsa Minahasa Pada Masa Lalu Waruga merupakan kubur batu yang menjadi artefak budaya peninggalan Suku Minahasa pada masa lalu di Sulawesi Utara. Bentuknya menyerupai kubus serta beratapkan menyerupai rumah dengan berukirkan / relief motif artistik. Bagi masyarakat adat Minahasa, waruga memiliki nilai historis yang mengandung makna tentang asal usul serta perjuangan leluhur bangsa Minahasa. Hal mana waruga mengingatkan identitas, jatidiri dan sejarah kehidupan orang Minahasa dahulu kala. Waruga di Kayawu, Tomohon Kini, kubur batu waruga telah dialihfungsikan yaitu sebagai warisan budaya yang pemanfaatannya untuk objek wisata dan situs cagar alam budaya Minahasa. Definisi Waruga Dari Berbagai Sumber Dalam beberapa versi sumber, waruga memiliki beberapa definisi diantaranya: secara etimologis waruga berasal dari kata  'wawa'  yang artinya menyeluruh atau sepenuhnya. 'Ruga' ya

KOTA TOMOHON : Letak Geografis, Luas & Batas Wilayah Administrasi

Kota Tomohon Kota merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang berdiri secara otonom sebagai sebuah daerah administratif. Dipimpin seorang walikota sebagai kepala daerah dan wakilnya, kota ini menjadi salah satu daerah yang cukup maju di antara beberapa daerah lainnya di Sulawesi Utara. Kota Tomohon sendiri merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Minahasa yang didasarkan atas Undang-undang No. 10 / 2023 tentang Pembentukan Kab. Minahasa Selatan dan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Letak Geografis Kota Tomohon Secara geografis, Kota Tomohon berada pada 1°24’18,479” LU s/d 124°43’52,457” BT, dan 1°14’33,154” LU s/d 124°54’34,191” BT. Luas Wilayah Kota Tomohon Adapun Kota Tomohon sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 169,10 km/persegi. Dan hanya sekitar 1.17 % dari luas keseluruhan Provinsi Sulawesi Utara yaitu sekitar 14.500,58 km/persegi (BPS Sulut. 2022). Kota Tomohon sendiri terdiri dari 5 (Lima) wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Utara dengan lua

Ancaman Konflik Di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

Klaim seepihak jadi akar konflik  (instagram.com/isds.indonesia) Laut China Selatan telah lama menjadi sumber konflik yang kompleks dan menimbulkan ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, serta negara-negara tetangga di kawasan tersebut. Konflik ini berakar dari persaingan klaim atas wilayah maritim di Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya alam, seperti minyak, gas, dan ikan. Negara-negara seperti China, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam saling bersaing untuk menguasai wilayah tersebut, sehingga menimbulkan ketegangan dan potensi terjadinya konflik di kawasan tersebut. Namun, fokus utama dari artikel ilmiah ini adalah tentang ancaman konflik di Laut China Selatan terhadap kedaulatan Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kedaulatan atas sebagian wilayah Laut China Selatan, yaitu Kepulauan Natuna. Namun, klaim China yang meluas hingga ke wilayah Natuna mengancam kedaulatan maritim Indonesia dan menimbulkan ketidakstabilan di kaw