Skip to main content

OLAH GERAK KAPAL

Keamanan Olah Gerak Kapal

Olah Gerak Kapal di Pelabuhan Penyeberangan Amurang, Minahasa Selatan

Olah gerak kapal diartikan sebagai penguasaan kapal baik dalam keadaan diam maupun bergerak untuk mencapai tujuan pelayaran aman dan efisien,  dengan memperhatikan sarana yang digunakan diatas kapal seperti mesin.

Olah gerak kapal dipengaruhi juga oleh beragam faktor, diantaranya mesin sebagai tenaga penggerak, badan kapal di bagian bawah air, kemudi dan konstruksi bagian atas kapal, serta keadaan arus, sarat dan kondisi cuaca.

Dalam prakteknya, pengalaman olah gerak kapal merupakan sebuah kemampuan yang sangat tinggi nilainya dan sangat bermanfaat. Kombinasi akan teori dan pengalaman para pelaut menjadi keharusan dan merupakan nilai ideal.

Kebanyakan orang mengerti dan menguasai olah gerak kapal, tapi kurangnya pengalaman dalam praktek sesungguhnya tentu adalah sebuah kerugian.

Olah gerak suatu kapal harus dilakukan dengan perhitungan matang, rasa tanggungjawab yang tinggi serta dengan keteguhan akan kedisiplinan.

Hal diatas adalah dalam rangka menjamin keselamatan kapal dan crew serta barang-barang muatan yang akan dibongkar ataupun dimuat.

Peranan Pengalaman Praktek dalam olah gerak kapal

Bentuk Aman Kapal Untuk Olah Gerak

Kapal dengan bentuk perbandingan dimana panjang dan lebar kapal akan sangat berpengaruh pada proses gerakan kapal untuk membelok dalam ketian olah geraknya. Kapal yang pendek dan lebar biasanya mudah untuk olah geraknya.

Kapal bermesin diesel banyak digunakan karena biaasanya akan mudah dikendalikan, karena pergerakkannya mudah diatur dengan persiapan yang lebih cepat serta dapat mempersingkat waktu.

Familiarisasi baling-baling terkait jumlah, macamnya dan tempatnya perlu dilakukan dan diketahui, agar proses olah gerak dapat berjalan dengan baik dan terlaksana sesuai yang dikehendaki.

Baling-baling lebih dari satu pada suatu kapal memberi kemudahan dalam olah gerak kapal ketimbang pada kapal dengan baling-baling tunggal. Sebelum proses olah gerak dolakukan, sebaiknya harus tahu putaran baling-baling apakah putaran kekiri atau kekanan.

Hal penting lainnya adalah kemudi. Kemudi yang besar dan lebar akan sangat berpengaru pada kecepatan berbelok atau saat penyimpangan kapal. Macam, bentuk, penempatan dan ukuran kemudi berpengaruh juga pada olah gerak dan pada perubahan haluan.

Faktor-Faktor Berpengaruh Saat Olah Gerak Kapal

Kemampuan dalam olah gerak kapal akan tetap dipengaruhi oleh keadaan disekitar, baik faktor luar atau dari dalam. Manouvering Ability atau kemampuan olah gerak harus memahami dahulu faktor-faktor yang akan berpengaruh nantinya.

  • Manoeuvering Characteristic kapal, sebaiknya dipasang di anjungan yang mana berbentuk gambar, hal ini untuk memudahkan sewaktu – waktu diperlukan,
  • Keadaan / kondisi laut atau perairan turut berpartisipasi menunjang berhasilnya olah gerak, meski terkadang perlu adanya bantuan kapal pandu jika sulit dilakukan sendiri.
  • Faktor manusia, penting untuk diingat bahwa diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang memadai agar olah gerak berjalan aman dan selamat.

  • Keadaan arus, angin dan keadaan perairan merupakan faktor lain yang harus tetap menjadi perhatian.
Faktor-faktor berpengaruh saat olah gerak kapal di dermaga/pelabuhan

Mengendalikan sebuah kapal bukanlah hal gampang. Kapal tidak seperti dengan alat transportasi lainnya. Berbagai aspek harus menjadi perhatian dan perhitungan agar kapal dalam keadaan selamat dan aman.

Maka dari itu, tenaga-tenaga pelaut yang mempunyai pengalaman dan skill memadai sangat diperlukan dalam rangka menjamin kapal dan muatannya dengan baik dan aman sampai tujuan.

Comments

Popular posts from this blog

WARUGA : Artefak Peninggalan Suku Minahasa

Waruga di Desa Sawangan, Minahasa Utara (foto : facebook.com) WARUGA : Bukti Peradaban Bangsa Minahasa Pada Masa Lalu Waruga merupakan kubur batu yang menjadi artefak budaya peninggalan Suku Minahasa pada masa lalu di Sulawesi Utara. Bentuknya menyerupai kubus serta beratapkan menyerupai rumah dengan berukirkan / relief motif artistik. Bagi masyarakat adat Minahasa, waruga memiliki nilai historis yang mengandung makna tentang asal usul serta perjuangan leluhur bangsa Minahasa. Hal mana waruga mengingatkan identitas, jatidiri dan sejarah kehidupan orang Minahasa dahulu kala. Waruga di Kayawu, Tomohon Kini, kubur batu waruga telah dialihfungsikan yaitu sebagai warisan budaya yang pemanfaatannya untuk objek wisata dan situs cagar alam budaya Minahasa. Definisi Waruga Dari Berbagai Sumber Dalam beberapa versi sumber, waruga memiliki beberapa definisi diantaranya: secara etimologis waruga berasal dari kata  'wawa'  yang artinya menyeluruh atau sepenuhnya. 'Ruga' ya

KOTA TOMOHON : Letak Geografis, Luas & Batas Wilayah Administrasi

Kota Tomohon Kota merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang berdiri secara otonom sebagai sebuah daerah administratif. Dipimpin seorang walikota sebagai kepala daerah dan wakilnya, kota ini menjadi salah satu daerah yang cukup maju di antara beberapa daerah lainnya di Sulawesi Utara. Kota Tomohon sendiri merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Minahasa yang didasarkan atas Undang-undang No. 10 / 2023 tentang Pembentukan Kab. Minahasa Selatan dan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Letak Geografis Kota Tomohon Secara geografis, Kota Tomohon berada pada 1°24’18,479” LU s/d 124°43’52,457” BT, dan 1°14’33,154” LU s/d 124°54’34,191” BT. Luas Wilayah Kota Tomohon Adapun Kota Tomohon sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 169,10 km/persegi. Dan hanya sekitar 1.17 % dari luas keseluruhan Provinsi Sulawesi Utara yaitu sekitar 14.500,58 km/persegi (BPS Sulut. 2022). Kota Tomohon sendiri terdiri dari 5 (Lima) wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Utara dengan lua

Ancaman Konflik Di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

Klaim seepihak jadi akar konflik  (instagram.com/isds.indonesia) Laut China Selatan telah lama menjadi sumber konflik yang kompleks dan menimbulkan ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, serta negara-negara tetangga di kawasan tersebut. Konflik ini berakar dari persaingan klaim atas wilayah maritim di Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya alam, seperti minyak, gas, dan ikan. Negara-negara seperti China, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam saling bersaing untuk menguasai wilayah tersebut, sehingga menimbulkan ketegangan dan potensi terjadinya konflik di kawasan tersebut. Namun, fokus utama dari artikel ilmiah ini adalah tentang ancaman konflik di Laut China Selatan terhadap kedaulatan Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kedaulatan atas sebagian wilayah Laut China Selatan, yaitu Kepulauan Natuna. Namun, klaim China yang meluas hingga ke wilayah Natuna mengancam kedaulatan maritim Indonesia dan menimbulkan ketidakstabilan di kaw